Karena banyak para pengendara yg masih ga ngerti berkendara dengan baik dan cerdas, khususnya motor. Karena motor lebih banyak dimiliki di Indonesia ini dibandingkan dengan mobil.
Gua akan mencoba menjelaskan cara berkendara dan memakai jalan yg baik untuk motor. Karena para pengendara mobil sudah lebih tertib dalam berkendara (kecuali angkot ye), saya ga mungkin menjelaskan semuanya disini.Banyak kerugian yang ditimbulkan dari kurangnya kekompakan dan kerjasama antar pengguna jalan untuk peduli akan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Padahal, kepedulian seperti itu bisa dilakukan dengan HANYA menaati standar keselamatan dan aturan lalu lintas yang SUDAH ADA. Kenapa HANYA? Karena KITA HANYA perlu menaati peraturan yang sudah dibuat! Apa susahnya sih menaati doang??
Padahal, aturan tentang lalu lintas sudah dijelaskan dengan jelas di Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
Standar Keselamatan dalam Berkendara
Berkendara itu ga sekedar membuat kendaraan lu berjalan menuju tempat yg lu tuju.
Berkendara harus aman. Dari situ lu bisa menghargai keselamatan lu sendiri.
Ini adalah hal minimal yg harus ada dalam berkendara:
1. Pakailah Helm
Jangan remehin helm! Kalo lu naik motor, pake helm! Mau jadi pengendara atau penumpang kek, tetep pake helm! Gerah? Ya cuek dikit aja kek. Pilih pala lu lepek n ketombean atau pala lu berdarah karena jatoh? Karena ga ada yg tau kapan lu jatoh.
Pake helm juga bukan buat bikin lu biar ga ketangkep polisi. Tapi buat keamanan lu sendiri.
"Gua udah bisa nyetir dengan baik kok, jadi gabakal jatoh kena kepala" okey, keahlian lu dalam menyetir gak menjamin lu selamat. Kecelakaan ada faktor dari luar juga. Lu bisa jatoh karena kesalahan orang lain padahal lu udah nyetir secara benar. Ada faktor lain seperti : motor lu yg udah ga memadai (jadi, servis secara rutin), jalan yg rusak atau licin, dll.
Yg paling penting ! Pakai helm SNI dan ceklek pengikat helm di dagu. Diusahakan dipasang dengan agak ngepas dengan dagu. Agak ga nyaman emang, tapi harus. Kalo lu pasang helmnya longgar, itu helm bisa lepas kalo lu jatoh dengan kebanting ke kanan atau ke kiri. Temen saya pernah kaya gitu.
2. Kaca spion
Kaca spion penting juga bro. Lu bisa ngeliat belakang lu tanpa harus nengok sehingga lebih efektif. Kaca spion penting pada saat lu mau belok kanan atau kiri, lu bisa was was terlebih dahulu dengan liat ke spion apakah ada yg mau nyalip apa ga.
Jadi, pasang kaca spion dengan benar dan jangan ngample ataupun letoy. Arahkan spion ke sudut yg nyaman buat kamu liat.
3. Lampu utama, rem dan sein
Lampu lampu juga jangan dilupain.
Untuk lampu utama, ini penting buat malam. Kalo mati pas malam hari, bisa bisa motor lu ga keliatan ama kendaraan besar. Akibatnya ya fatal.
Lampu rem, lampu rem jangan diganti ama warna warna lain. Merah ya merah aja. Gua pernah baca warna merah , oranye / kuning lebih mudah ditangkap otak sebagai peringatan. Jadi lampu rem usahakan betul sehingga kalo lu ngerem orang dibelakang lu bisa tau dan dia bisa ngerem juga sehingg tidak nabrak spakbor lu. Kalo lampu rem lu mati dan orang belakang nabrak lu, jangan ngomel dulu, bisa aja org belakang lu ga merasa 'diperingati' karena lampu rem lu mati.
Lampu sen. Sama kaya lampu rem. lampu sen jangan diganti sama warna lain. Oranye ya oranye aja. Fungsinya sama, buat memperingati/memberitahu orang lain kalo lu mau belok. Kalo mau belok kanan, ya ambil kanan(jangan ambil kiri ye plis) sambil nyalain sen kanan dan sebaliknya. Jangan lupa juga matiin sen kalo udah belok ya.
paling kesel kalo lampu rem/sen diganti ama lampu biru/putih. Gakeliatan woyyyy nanti lu w tabrak malah lu yang ngomel
lanjut gan
4. Punya SIM
Kalo ini menurut gua pribadi, agak susah dapetin melalui jalur jujur.. Karena tes prakteknya agak mustahil(di daerah gua) . Pokonya kalian harus punya ini sebagai tanda kalian udah diperbolehkan nyetir dan udah cukup umur.
Kenapa gua taroh di terakhir? Karena banyak orang yg punya SIM tapi juga tetep ngelanggar aturan. Mending kalian ngerti aturan tp gapunya SIM deh drpd kaya gitu.. Tp karena sistem emang udah mengharuskan punya SIM, bikin sim dulu ya. Tapi, kalo udah punya sim, buktiin kalian emang bener bener "diizinkan" dan layak untuk nyetir! Jangan ngelanggar, malu.
Sisanya paling yg harus kalian perhatiin ya perawatan motor pribadi. Kaya rem, mesin, dll.
Kalo keselamatan udah memadai :, sekarang tinggal di jalan nya nih. ini yang masih kurang banget di Indonesia (dari pengalaman ane).
Cara memakai jalan
Duh, ini kalo gua bilang masih parah bgt di indonesia. Menurut gua banyak yg masih egois. Menggunakan jalan itu kira kira memegang prinsip "share the road". Kita make jalan ga sendiri. Orang lain juga make. Jangan egois kalo make jalan. Semua orang udah punya hak dan kewajibannya masing masing di jalan. Dari sudut pandang gua, kita bisa ngerti caranya menghargai hak orang dengan cara memakai jalan yg benar. Susah ngehargain hak orang? Coba ubah sudut pandang orang ke sudut pandang lu. Simpel.
Menghargai hak tadi sebenernya bisa diwujudkan dengan cara TAAT. Taat apa tuh? Taat aturan yg ada di jalan dong. Aturan yg ada di jalan menurut gua udah punya sistem yg baik. Kalo semuanya taat, gua yakin yg namanya macet sama omelan omelan orang bakal berkurang banyak. Berikut aturan (yang menurut gua) masih banyak dilanggar padahal krusial.
Lampu lalu lintas (merah - kuning/oranye - hijau)
INI NIH.... Yang paling sedapp dan paling bikin sabar..
Lampu lalu lintas intinya hanyalah masalah "giliran siapa yg lewat" karena kendaraan dari 3 arah atau lebih melewati titik yg sama. Intinya, kita harus sabar nungguin giliran kita untuk jalan.
Garis jalan
Garis jalan ada 2 (semoga bener):
Garis sambung
Garis putus-putus
GARIS PUTUS PUTUS(- - -)
garis ini lebih sering keliatan. Garis ini bertujuan untuk membagi jalan dan kita boleh lewat garis tersebut ke sisi jalan lainnya sekedar untuk menyalip kendaraan. Jadi, harus segera balik ke sisi jalan kita lagi.
GARIS SAMBUNG(_____)
Garis sambung maksudnya garis yg bukan putus putus. Ini maknanya kita gaboleh melewati garis tersebut. Contohnya pada:
lampu merah,
tikungan 2 arah, dan
sebelum zebra cross.
Di setiap lampu merah pasti ada garis sambung. Ini bertujuan supaya kita berhenti dibelakang garis! Sekarang ngerti kan?
Di tikungan biasanya ada garis sambung. Bertujuan agar kita ga nyalip di tikungan karena bisa aja tabrakan. Soalnya kalo tikungan, kita susah ngeliat kendaraan yg datang dr arah berlawanan.
Kalo sebelum zebra cross ya maksudnya biar orang nyebrang dulu dan ga ketabrak. Jadi, pelan pelan aja kalo ada zebra cross.
Garis sambung biasanya juga ada di tanjakan.
Trotoar
Trotoar itu untuk pejalan kaki, bukan motor. Ngerti lah. Kalo macet jangan nyalip lewat trotoar yah. Hargain hak pejalan kaki. Semua pengendara juga pengen cepet cepet.
Taati aturan rambu lalu lintas lainnya
Taati aturan lainnya seperti jalur putar balik, batas kecepatan, aturan parkir, dll. Kalau kalian udah paham aturan diatas2 tadi. Kalian bakal ngerti makna aturan itu dibuat untuk apa sehingga kalian bisa lebih 'semangat' buat taat aturan jalan.
Gunakan klakson dengan bijak
Klakson bukan buat dipakai untuk memenuhi keegoisan lu. Misal:
udah tau merah tp klakson pengendara yg lagi ijo, ada yg kaya gini? ADA. Hastagah.
Klakson lagi macet. Poinnya apa yah? Ga ada. Sia sia kalian kalo lagi macet parah tapi klakson. Yg ada bikin orang kesel dan jengkel karena polusi suara
Masih merah (tinggal 10 detik misalnya) tp udah klakson2 pengen jalan. Plis. Lu hargain orang yg mau taat kek. Buta warna apa gimana? Punya SIM ga?
Pakai klakson untuk memperingati orang aja. Misalnya udah ijo lama tp belom jalan2. Atau ada orang yg melanggar. Lagipula boros aki kalo make keseringan. Akibatnya jadi serek tu klakson kaya klakson ojek. Boros duit juga.
Mungkin segitu dulu aja yg mau ane sampein. Tangan udah pegel ngetik .
Mungkin banyak yg udah ngerti dan udah praktekin, mungkin banyak juga yg belom ngerti. Semoga bermanfaat ya!
Taati aturan, hargai hak orang lain, dan hargai keselamatan diri sendiri serta orang lain. Karena jalan milik bersama bukan milik pribadi. Orang udah bayar pajak untuk pembangunan jalan.
Dan, bangun lebih pagi biar gak telat. Telat ke tempat tujuan bukan alasan untuk melanggar rambu lalu lintas agar lebih cepat sampai. Itu resiko pribadi.:insomnia
Maaf kalo panjang. Ane pengen bgt nyampein ini. Maaf jika ada kesalahan kata. Ane juga bukan anak polisi. Ane cuman anak sma biasa juga .
Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih.
sumber : http://www.kaskus.co.id/post/566f8c76e05227b16b8b4570#post566f8c76e05227b16b8b4570
Tidak ada komentar:
Posting Komentar